Tuesday, December 17, 2013

About GGP (Not-So-Cool-Post)

Haaaah.
*deep sigh*

Sebenernya pengin punya blog yang isinya nggak melulu cerita tentang kehidupan pribadi.. Tapi berhubung mem-posting keluhan-keluhan di jejaring sosial itu terlalu mainstream, ya sudahlah ujung-ujungnya ya di sini juga mau curhat yang panjang.

Ceritanya belakangan ini lagi galau banget. Iya, sejak Oktober sih lebih tepatnya. Udah 2 bulan, memang, dan kupikir pun lama-lama bakalan ilang rasa galaunya. Ternyata makin muncak. Haaaah.

September-Oktober lalu, aku yang belum 100% dinyatakan lulus sebagai sarjana ini mencoba peruntungan melamar kerja di Great Giant Pineapple (GGP) sebagai management trainee (MT). Oktober awal bahkan sudah sampai Lampung (lokasi GGP) untuk user interview dan sekalian cek kesehatan. Singkatnya, aku diterima sebagai MT di bagian internal audit. Udah seneng banget rasanya, bayangin kalau posisi MT internal audit ini bakalan bawa aku ke mana-mana, alias kerjaannya emang mobile.

Menjelang Oktober akhir, aku dihubungi GGP untuk sign kontrak yang dilaksanakan di Yogyakarta. Saat itulah perasaan galau dimulai..

Aku sudah mantap bener ambil posisi ini. Namun ada beberapa alasan juga yang membuatku nggak bisa tanda tangan kontrak. Dan memang akhirnya surat kontrak yang ditujukan untukku, dengan namaku tertulis di sana, aku kembalikan ke HRD-nya. Kak Denise, Pak Edy, Bu Ellen... Maafkan saya :'(

Banyak pertimbangan, begitu berat memang, tetapi memang itulah keputusan akhirku. Kini rasanya antara masih nyesel (nggak ambil posisi itu), tetapi juga lega (memutuskan itu).

Ibaratnya, aku dan GGP itu kayak pasangan cewek-cowok lagi sama-sama pedekate, ternyata sama-sama suka, tetapi sayangnya aku memutuskan untuk mengakhiri hubungan yang belum dimulai.. Alias tidak jadian. Nyesek. Belum jodoh. Walaupun sama-sama suka, tapi tidak jadi bersama.

Aku kangen suasana di GGP, kangen Bandar Jaya-Lampung dengan kesemrawutan lalu lintasnya, yah walaupun ke sana hanya beberapa hari untuk rekrutmen pada saat itu.
Aku kangen teman-teman seperjuangan rekrutmen GGP, yang walaupun baru kenal saat itu, tapi sudah terasa akrab. Sangat berkesan.
Aku kangen................ :(

"Kita sadar ingin bersama, tapi tak bisa apa-apa.."
(Sepatu by Tulus)


11 comments:

  1. yaahh :( sayang banget, padahal mau nanya pengalaman selama masa training disana. aku ikut MT bulan mei ini, dan ini masih nunggu kabar lagi dari mereka, kmrn di lampung udah sampe medcheck juga. kira2 berapa lama ya mereka kontak lagi? ini juga galau mau ngelanjutin atau nggak.

    ReplyDelete
  2. Maap baru baca. Gimana, jadinya lanjut apa nggak? Kalau sudah sampai medcheck biasanya in shaa Allah lolos kok :)

    ReplyDelete
  3. Diz kalo boleh tau di ggp tuk MT berapa standar salary ny?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya first start 1,9 juta gaji pokok (untuk MT), belum sama tunjangan-tunjangannya. Ya paling sekitar 2 juta-an deh, tapi itupun sudah disediakan makan, mess, dan laundry gratis.

      Delete
  4. mohon infonya : adakah sanksi jika ternyata setelah ditunjukkan offering letternya/surat penawaran kita tidak bersedia tanda-tangan atau dalam arti kita tidak jadi bergabung di perusahaan tersebut. tks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada sanksi. Saya pernah merasakannya dan keluar dari ruangan, setelah hari itu, saya merasa sangat tidak beretika. Saya sangat menyarankan untuk tidak melakukan hal itu.

      Thanks for visiting.

      Delete
  5. Thank you for sharing :>, range salarynya mengejutkan juga ya..

    ReplyDelete
  6. Wah kebeneran saya orang Jogya juga mbak, tertarik join juga si awalnya, cuma pas searcing2 nemu curhat mbak ini jadi melanjutkan pencarian lebih detail tentang GGP ini. Dalam hati seriusan gajinya segitu...Whatttt!!? MT perusahaan lain aja 70 % da diatas 4 juta lho belum tunjangan transport + uang makan?!

    Saya lihat di Qerja.com dan beberapa sumber lainnya, range salary MT Great Giant Pinneapple, Gaji Pokok 2,5 juta + makan, mess, dan laundry ditanggung, kalo diitung kasar ya setara sebulan dapet 3,5 jt sih cuma posisi diluar daerah. Menurut saya sih jauh dibawah standar banget ya.Kalo standar 3,5 jt itu kalo di Jawa mungkin masih ok, tapi kalo diluar pulau kayaknya mesti menyentuh angka 5-6 juta deh. Pikirkan masa mau gak pulang2 ke rumah selama 1 tahun full buat yang ga tinggal di Lampung? paling ga sebulan sekali pulkam, biaya pulang aja uda berapa dari Lampung PP abislah 700 ribuan sekali pulang (ongkos PP, jajan, other transport), belum pulsa buat internetan, telepon keluarga, pacar..200 ribuan aja sebulan pasti keluar. Belum jajan makanan minuman alat kosmetik, mandi, dll abis sebulan sekitar 300 ribuan. Itu aja da 1 jutaan total pengeluaran pokok. wah kalo gaji 2,5 zaman sekarang berat banget diluar pulau jawa.

    Jujur agak rendah sih dan sangat berat untuk range 12 bulan (setahun) training + kalo yang diluar kota lampung lebih berat banget pasti, bisa2 keluar duluan 2-3 bulan pertama kalo gaji segitu sih. Walau abis lulus MT gajinya mungkin bisa dirange 7-8 jt yah, cuma 12 bulan tu lama lho, menurut saya sih opportunity costnya meningan cari kerja di Jakarta aja deh bisa nabung lebih banyak.

    Jadi menurut saya kesimpulannya normal yang bagus buat offering di MT - GGP di lampung seharusnya Rp. 4 jutaan + makan, mess, laundry ditanggung. Nah kalo segitu cocoklah sama nama besar perusahaannya...

    Menurut aku keputusan kamu tepat kok sis, level staf kerja di jakarta aja S1 gaji uda 5 - 7 jutaan kok.

    Saran saya ya buat Sarjana2 S1 Indonesia diluar sana, Jangan obral diri anda karena harga sarjana itu mahal kalo diluar negeri..gausa diluar negeri deh, coba kerja di Jakarta di perusahaan PMA atau nasional gaji S1 tu dah diatas 4 kebanyakan level starter. Semoga beruntung dan sukses...just saran aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. WWuaduh sudah setahun lebih ga baca komen, telat banget. Ya memang sih biasanya fresh graduate kan pengen buru-buru menghilangkan status unemployed yaa, hehehe. Saya sih dulu mundur bukan masalah karena uang sih tapi karena alasan pribadi.

      Delete
  7. FYI info ttg gaji dan fasilitas di PT.GGP adalah, pada saat kita masuk MT kita diberi gaji 2jt (minus BPJS dll) klo g salah take home pay sktar 1,8jt-1,9jtan. MT di GGP berlangung selama setahun. Pada saat bulan ke-4 dan ke-7 MT gaji kita naik masing2 150rb, dan setelah selesai MT pada bulan ke-13 naik 550rb. Jadi Setelah MT Gaji kita 2,85jt, bisa lebih (minus BPJS dll). Untuk Fasilitas dapat mess non-AC, 1 kamar diisi 2-6 orng tergantung besarnya kamar. Fasilitas londry ada mbak2 yang nyuciin pake mesin cuci di messnya (daleman cuci sendiri). Makan 3 kali sehari + Snack Sore.

    - Jauh dari peradaban, kota besar terdekat sktar 30 menit. Ke ibu kota provinsi sktar 2 jam.
    - Perusahaan yang katanya 3 terbesar sedunia, baik mess dan perumahan untuk staffnya sangat jauh dari kata 3 terbesar sedunia, kalah dibandingkan dengan perusahaan tebu tetanganya (Denger2 gaji di Perusahaan tetangga juga lebih besar).
    - Waktu MT yang lama.

    + Uang gaji bakal bisa ditabung, karna jauh dari tempat jajan.
    + Lingkungan kerja yang kebanyakan orang yang berasal dari jawa, jadinya ramah2 dan baik.

    Yah kira2 plus minusnya itu, selama MT, saya selalu dibilangin supaya smoga betah. Karna memang kebanyakan MT sebelum saya pada resign karna alasan jauh dari peradaban, gaji yang kecil, dll. Banyak juga yang pidah ke perusahaan tetangga karna tergiur tawaran yang lebih baik. Yah klo dibandingin dengan jakarta gaji di perkebunan di Lampung memang jauh sekali bagi orang yang baru masuk kerja. kembali lagi kerja itu sesuai selera dan kenyamanan. Percuma gaji besar klo kerja gak nyaman. Sekian. Smoga bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya mau tanya apakah agan anonymous masih di situ setelah lulus MT berapa total salery nya terimakasih saya experian dari Astra Credit Companis rencana mo join ke situ tapi lihat kaya gitu kok miris ya. Iya bener yang ptg nyaman kerja gaji besar kl gak nyaman sama saja tapi jujur itu kecil untuk ukuran perusahaan " yang berlabel perusahaan terbesar ke 3 di Dunia" jujur saya jadi ragu. Tapi salah satu indikator kepuasan kerja adalah gaji. Saya hanya ingin shareing2 dengan agan yang pernah kerja di sana atau masih di sana

      Delete