Friday, April 8, 2011

CaGardep DAGADU

Woohoo, udah lama saya ingin nulis sesuatu tentang ini. Calon Garda Depan DAGADU. No, I'm not one of the members of this club (GarDep), just wanna share about my experience related to its recruitment :)

Saya masih inget banget, saat mau daftar, saya cari tahu lebih banyak tentang CaGardep ini dengan google. Daaan, saya menemukan beberapa blog yang cerita 'bagaimana CaGardep' ini.

Yak, sekitar Januari tahun lalu, kalau nggak salah Recruitment CaGardep angkatan 38, saya mendaftar (siapa tahu iseng-berhadiah) untuk menjadi mahasiswa part time di DAGADU. Tahapannya lumayan banyak nih:
1. Front Interview
2. Tes tertulis (Bahasa Inggris, pengetahuan umum, dan psikologi)
3. Focus Group Discussion
4. Depth Interview
5. User/management Interview
6. Indoor training
7. Outdoor training
8. Magang

Memang keliatannya sedikit lebay dan ribet, udah kaya ngelamar kerja 'beneran' yak, hehe. Namun dari sekian step tersebut, saya gugur di tahap 5.. :hammer

Front Interview menjadi tahapan pembuka, di mana para pelamar kerja diwawancarai dengan ringan, misalnya perkenalan diri. Terkadang disuruh pakai Bahasa Inggris to tell about you. Tergantung interviewernya juga sih. Di tahap awal ini, dapat terlihat personality seseorang dari cara dia memperkenalkan diri, juga sejauh mana pengetahuannya seputar Kota Jogja. Kalau dulu saya lebih banyak becandaan sih, fun gitu saat interview, dan yang penting be myself.

Tes Tertulis -saya rada lupa- pokoknya ada tes Bahasa Inggris, pengetahuan umum (Jogja), dan tes psikologi. Dari ketiganya, saya paling enjoy sama tes psikologi.. Soal English-nya juga nggak terlalu susah kok. Kalau tentang pengetahuan seputar Jogja, jangan lupa hafalin apa saja objek wisata Jogja, plus nama jalannya yaa (waktu itu ada pertanyaan 'Pusat Oleh-oleh Bakpia ada di jalan mana'. Untung deket rumah jadi tahu):D

Focus Group Discussion adalah sebuah diskusi dalam grup. Di FGD ini, diberikan sebuah kasus, lalu masing-masing anggota di grup diminta untuk menyampaikan pendapatnya. Di sini jangan kuatir kalau ada yang keliatan 'lebih pinter ngomong'. Belum tentu dia akan lolos karena ke-dominansi-annya itu. Yang paling penting adalah bagaimana menjadi member di grup dengan bijak memberikan pendapat.

Pada Depth Interview, wawancara-nya sama seperti Front interview, tapi kayanya lebih serius aja. Waktu itu saya enjoy banget, rasanya di semua tahapan rekrutmen kerja, saya paling senang diwawancara :P (saya pernah part time di Kopma UGM, rekrutmennya pakai interview juga dong, i really enjoyed it!).

Management Interview, naah ini nih tahapan yang bikin saya gugur. Hiks. Di sini yang jadi interviewernya adalah para user (manager gitu kayanya) di DAGADU. Usianya mungkin sekitar 30an tahun dan mereka semua berempat. Ya jelas rada keder juga, tapi kayanya yang bikin saya nggak lolos adalah... karena saya nggak yakin bisa ngisi kewajiban shift dalam seminggu. Kalau tidak salah, minimal 4 shift dalam seminggu, sedangkan waktu itu (semester 4), saya banyak praktikum. Makanya, waktu ditanya "Kamu bisa ngisi berapa shift dalam seminggu?" itu saya jadi bingung. Kebingungan saya itu mungkin terbaca oleh mereka sebagai suatu ketidaksiapan kali yah. Jadi saat pengumuman setelah tahap itu, saya dinyatakan tidak lolos.

Selanjutnya, untuk Indoor-Outdoor Training dan Magang, saya tidak bisa cerita lebih detil :P

Dari tiga tahap akhir tersebut, masih berlaku sistem gugur loh ya. Ada temen (kenalan) saya, gugur. Udah sampai magang loh padahal! Apa nggak ngenes. Apalagi katanya tiga tahap akhir itu bener-bener butuh waktu dan energi ekstra. Bahkan bisa sampai mengorbankan waktu kuliah.

Namun, dari semua tahap itu, saya yakin pastilah ada pelajaran dan pengalaman yang dapat diambil. Walaupun saya cuma sampai tahap kelima, rasanya pengalaman menjadi bagian dari segitu banyak peserta CaGardep itu bener-bener berharga. Saya ngrasain bagaimana deg-degan-nya. Saya jadi tahu Focus Group Discussion itu bagaimana.

Nyicil lah persiapan mental kalau suatu hari ikut tahapan-tahapan yang serupa lagi untuk melamar kerja :)

4 comments:

  1. terima kasih,,lolos atau gk lolos ya yg penting kita tlah mencoba..menambah wawsan,an pengetahuan,,

    ReplyDelete
  2. Yaps. Sempet kenalan dengan temen baru juga, nambah kenalan :)

    ReplyDelete
  3. ini lagi coba-coba gan,. deg2an juga, kaya nglamar di PT gedhe aja,. haha doakan saya lolos sampai tujuan,. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, baru baca.. Yang periode lowongan gardep ini tadinya saya juga mau daftar, tapi nggak jadi.
      Gimana gan udah lolos sampai tahap apa nih. Hehehe.

      Delete